MEWUJUDKAN MASYARAKAT SIPIL BERDAULAT DAN BERMARTABAT; "KUAT SECARA POLITIK, MANDIRI DALAM EKONOMI, BERBASISKAN KEBUDAYAAN LOKAL, KEADILAN GENDER, DAN KEADILAN EKOLOGI"

PROGRAM PRIORITAS

STRATEGI UTAMA

Gemawan Empowering Organizing

PENGORGANISASIAN

Gemawan Advokasi Advocacy

ADVOKASI

Gemawan Kampanye Campaign

KAMPANYE

Gemawan Knowledge Management Research

RISET & PENGELOLAAN PENGETAHUAN

MEDIA

Keluarga Besar Gemawan mengucapkan Turut berduka atas wafatnya Guru Bangsa, Prof.Dr.Ahmad Syafii Maarif.

Semoga Almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Amiin
Keluarga Besar Gemawan mengucapkan Turut berduka atas wafatnya Guru Bangsa, Prof.Dr.Ahmad Syafii Maarif. Semoga Almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Amiin
14 jam lalu
View on Instagram |
1/9
Diskusi & Halal Bihalal Bumi (Bincang untuk Masyarakat Indonesia) telah usai. Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada para narasumber dan #kawangemawan yang telah hadir dan berbagi pengetahuan bersama kami. 

Semoga diskusi ini semakin membuka wawasan dan energi positif bagi kita semua dalam menjalin relasi yang kuat di tengah keberagaman negeri ini. 

Perbedaan bukanlah masalah, melainkan berkah untuk kita semua. Tanpa perbedaan, tak mungkin ada persatuan. Tanpa persatuan, takkan ada gagasan dan aksi bersama. Tanpa perbedaan, maka itu bukanlah hidup yang layak untuk dijalani

Mari bersama menghormati perbedaan, agar kita bisa menjaga kehidupan.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih dan sampai berjumpa di forum BUMI selanjutnya.

#diskusi #halalbihalal #bumi #kawangemawan #rumahgerakan #iugemawan
Diskusi & Halal Bihalal Bumi (Bincang untuk Masyarakat Indonesia) telah usai. Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada para narasumber dan #kawangemawan yang telah hadir dan berbagi pengetahuan bersama kami. Semoga diskusi ini semakin membuka wawasan dan energi positif bagi kita semua dalam menjalin relasi yang kuat di tengah keberagaman negeri ini. Perbedaan bukanlah masalah, melainkan berkah untuk kita semua. Tanpa perbedaan, tak mungkin ada persatuan. Tanpa persatuan, takkan ada gagasan dan aksi bersama. Tanpa perbedaan, maka itu bukanlah hidup yang layak untuk dijalani Mari bersama menghormati perbedaan, agar kita bisa menjaga kehidupan. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih dan sampai berjumpa di forum BUMI selanjutnya. #diskusi #halalbihalal #bumi #kawangemawan #rumahgerakan #iugemawan
2 hari lalu
View on Instagram |
2/9
Selamat memperingati Kenaikan Isa Almasih bagi #kawangemawan yang merayakan.

Semoga damai sejahtera menghampiri hidup semua manusia.
Selamat memperingati Kenaikan Isa Almasih bagi #kawangemawan yang merayakan. Semoga damai sejahtera menghampiri hidup semua manusia.
2 hari lalu
View on Instagram |
3/9
Setiap makhluk pada dasarnya diciptakan berbeda. Perbedaan itu yang melahirkan identitas, sehingga setiap makhluk dapat saling kenal.

Maka sesungguhnya perbedaan itu bukanlah masalah.

#kawangemawan

Gemawan kembali mengadakan Bincang untuk Masyarakat Indonesia. Kali ini menghadirkan H. Hildi Hamid, tokoh masyarakat Kalimantan Barat; M. Riza Fahmi, akademisi IAIN Pontianak; dan Laili Khairnur, Direktur Gemawan.

Kali ini kami ingin membincang tentang perbedaan dan multikulturalisme, sebagai catatan bagi kita semua agar memberikan penghargaan bagi perbedaan.

Sampai berjumpa.

#multikulturalisme #gemawan #rumahgerakan
Setiap makhluk pada dasarnya diciptakan berbeda. Perbedaan itu yang melahirkan identitas, sehingga setiap makhluk dapat saling kenal. Maka sesungguhnya perbedaan itu bukanlah masalah. #kawangemawan Gemawan kembali mengadakan Bincang untuk Masyarakat Indonesia. Kali ini menghadirkan H. Hildi Hamid, tokoh masyarakat Kalimantan Barat; M. Riza Fahmi, akademisi IAIN Pontianak; dan Laili Khairnur, Direktur Gemawan. Kali ini kami ingin membincang tentang perbedaan dan multikulturalisme, sebagai catatan bagi kita semua agar memberikan penghargaan bagi perbedaan. Sampai berjumpa. #multikulturalisme #gemawan #rumahgerakan
3 hari lalu
View on Instagram |
4/9
Hallo #kawangemawan.

Selamat memperingati hari keanekaragaman hayati yaa. #yokjagabumi untuk keberlanjutan semua kehidupan.
Hallo #kawangemawan. Selamat memperingati hari keanekaragaman hayati yaa. #yokjagabumi untuk keberlanjutan semua kehidupan.
6 hari lalu
View on Instagram |
5/9
Keluarga Besar Perkumpulan Gemawan mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya Viryan Aziz (Komisioner KPU RI 2017-2022). 

Semoga Allah SWT menempatkan Almarhum di tempat terbaik di sisi-Nya. Amin
Keluarga Besar Perkumpulan Gemawan mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya Viryan Aziz (Komisioner KPU RI 2017-2022). Semoga Allah SWT menempatkan Almarhum di tempat terbaik di sisi-Nya. Amin
7 hari lalu
View on Instagram |
6/9
Hallo #kawangemawan 
Melansir dari situs KLHK, Program Perhutanan Sosial dipersiapkan Pemerintah Indonesia sebagai jalan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan untuk dapat mengelola dan memanfaatkan sumberdaya alam. 

Skema yang ditawarkan dalam program perhutanan sosial adalah hutan desa (HD), hutan kemasyarakatan (HKm), hutan adat (HA), hutan tanaman rakyat (HTR), dan kemitraan kehutanan (KK).

Perhutanan Sosial menjadi peluang legal bagi masyarakat untuk memperoleh hak pengelolaan, perlindungan, dan pemanfaatan kawasan hutan sebagai sumber penghidupan.

#perhutanansosial #hutandesa #rumahgerakan #hutan #gemawan #rumahgerakan
Hallo #kawangemawan 
Melansir dari situs KLHK, Program Perhutanan Sosial dipersiapkan Pemerintah Indonesia sebagai jalan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan untuk dapat mengelola dan memanfaatkan sumberdaya alam. 

Skema yang ditawarkan dalam program perhutanan sosial adalah hutan desa (HD), hutan kemasyarakatan (HKm), hutan adat (HA), hutan tanaman rakyat (HTR), dan kemitraan kehutanan (KK).

Perhutanan Sosial menjadi peluang legal bagi masyarakat untuk memperoleh hak pengelolaan, perlindungan, dan pemanfaatan kawasan hutan sebagai sumber penghidupan.

#perhutanansosial #hutandesa #rumahgerakan #hutan #gemawan #rumahgerakan
Hallo #kawangemawan Melansir dari situs KLHK, Program Perhutanan Sosial dipersiapkan Pemerintah Indonesia sebagai jalan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan untuk dapat mengelola dan memanfaatkan sumberdaya alam. Skema yang ditawarkan dalam program perhutanan sosial adalah hutan desa (HD), hutan kemasyarakatan (HKm), hutan adat (HA), hutan tanaman rakyat (HTR), dan kemitraan kehutanan (KK). Perhutanan Sosial menjadi peluang legal bagi masyarakat untuk memperoleh hak pengelolaan, perlindungan, dan pemanfaatan kawasan hutan sebagai sumber penghidupan. #perhutanansosial #hutandesa #rumahgerakan #hutan #gemawan #rumahgerakan
1 minggu lalu
View on Instagram |
7/9
Perhutanan Sosial membuka peluang legal bagi masyarakat yang berada di sekitar hutan untuk meningkatkan ekonomi dengan tetap menjaga kelestarian alam.

Tantangannya adalah melahirkan kreasi dan inovasi yang berkelanjutan, semisal wisata alam, PLTA, dan pengembangan agroforestri berbasis kekhasan lokal.

Skema-skema tersebut setidaknya mampu menjadi pemantik dalam mewujudkan tata kelola baru atas hutan dan lahan yang adil dan lestari untuk kebaikan alam di masa depan. 

Selengkapnya:
https://gemawan.org/memperbaiki-relasi-manusia-dan-alam/

#perhutanansosial #sumberdayaalam #kearifanlokal #kawangemawan #iugemawan #rumahgerakan
Perhutanan Sosial membuka peluang legal bagi masyarakat yang berada di sekitar hutan untuk meningkatkan ekonomi dengan tetap menjaga kelestarian alam. Tantangannya adalah melahirkan kreasi dan inovasi yang berkelanjutan, semisal wisata alam, PLTA, dan pengembangan agroforestri berbasis kekhasan lokal. Skema-skema tersebut setidaknya mampu menjadi pemantik dalam mewujudkan tata kelola baru atas hutan dan lahan yang adil dan lestari untuk kebaikan alam di masa depan. Selengkapnya: https://gemawan.org/memperbaiki-relasi-manusia-dan-alam/ #perhutanansosial #sumberdayaalam #kearifanlokal #kawangemawan #iugemawan #rumahgerakan
1 minggu lalu
View on Instagram |
8/9
Paradigma dalam SDGs masih berakar pada kerangka pikir antroposentris yang melihat manusia sebagai sumbu utama sebuah peradaban, sementara alam merupakan objek pemuas kepentingan manusia. 

Pertumbuhan ekonomi, sebagai salah satu pilar SDGs, justru membuka jalan bagi eksploitasi sumberdaya alam oleh rezim oligarki dunia. Kontribusi balik yang diberikan rezim ini, sebagai kompensasi atas kerusakan ekologi yang terjadi, tidak mampu menjadi solusi atas permasalahan global yang berwujud kemiskinan, pengangguran, segregasi dan konflik sosial, krisis ekologi, krisis pangan, dan – bahkan – pandemi zoonosis.

Selengkapnya: 
https://gemawan.org/sdgs-desa-rekonstruksi-paradigma-pembangunan-sdgs/
Paradigma dalam SDGs masih berakar pada kerangka pikir antroposentris yang melihat manusia sebagai sumbu utama sebuah peradaban, sementara alam merupakan objek pemuas kepentingan manusia. Pertumbuhan ekonomi, sebagai salah satu pilar SDGs, justru membuka jalan bagi eksploitasi sumberdaya alam oleh rezim oligarki dunia. Kontribusi balik yang diberikan rezim ini, sebagai kompensasi atas kerusakan ekologi yang terjadi, tidak mampu menjadi solusi atas permasalahan global yang berwujud kemiskinan, pengangguran, segregasi dan konflik sosial, krisis ekologi, krisis pangan, dan – bahkan – pandemi zoonosis. Selengkapnya: https://gemawan.org/sdgs-desa-rekonstruksi-paradigma-pembangunan-sdgs/
1 minggu lalu
View on Instagram |
9/9