Bentuk Serikat Perempuan Kabupaten Mempawah untuk Mewujudkan Perempuan Berdaya

Bertepatan di Aula PNPM Desa Sekabuk, Kecamatan Sadaniang, Kabupaten Mempawah, Perkumpulan Gemawan mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Kelompok Perempuan Kabupaten Mempawah. Kegiatan yang berlangsung dua hari ini dimulai pada Selasa (9/3).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 15 peserta dari perwakilan lima kelompok perempuan yang ada di Kecamatan Sadaniang, Kabupaten Mempawah, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Lima kelompok tersebut berasal dari beberapa desa di Kecamatan Sadaniang, yakni Desa Sekabuk, Desa Amawang, dan Desa Bumbun.

Selama dua hari, kegiatan ini dipandu empat fasilitator dari Gemawan, yakni Uray Kusumajaya, Ridho Faizinda, Arniyanti, dan Sri Haryanti. Menurut Ridho, Gemawan ingin memperkuat peran perempuan di desa guna mencapai keadilan gender serta kemandirian ekonomi, sosial, pendidikan, dan politik.

Selain pelatihan kepemimpinan, kegiatan ini juga membahas visi, misi, dan target capaian selama tiga tahun ke depan. Para perserta bersepakat membentuk organisasi perempuan yang dinamakan Serikat Perempuan Kabupaten Mempawah atau SPKM, dengan visi Mewujudkan Perempuan Yang Maju, Bersatu, Berdaulat, dan Bermartabat; Kuat Secara Politik dan Mandiri Secara Ekonomi, Berbasis Kearifan Lokal, Keadilan Gender, dan Keadilan Ekologis.

Ketua SPKM terpilih, Ibu Dinda, mengatakan bahwa melalui program dan rencana kerja yang telah rampung dibahas, berharap bisa bersama-sama mewujudkan visi dan misi organisasi ke depan. “Buat saya, ini pengalaman baru tentang bagaimana kita berorganisasi dalam konteks yang lebih luas, bagaimana kita mampu berperan, memperjuangkan kaum perempuan dari intimidasi, segala bentuk kekerasan, diskriminasi, kemandirian ekonomi, dan masih banyak lagi yang tentunya sangat bermanfaat untuk diri kita sendiri dan lingkungan sekitar kita. Saya sangat senang bisa bergabung,” ungkapnya. (RN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PAGE TOP