Gemawan Perjuangkan Perhutanan Sosial

PONTIANAK, BeritAnda – Direktur Eksekutif Gemawan, Laili Khairnur mengatakan, Lembaga Gemawan terus berjuang beberapa kali, termasuk bertemu dengan Menteri Kehutanan, untuk mendorong menteri agar segera mengeluarkan ijin-ijin perhutanan sosial yang diajukan masyarakat. Perhutanan sosial itu termasuk hutan adat, hutan desa dan lain-lain.

Hal tersebut diungkapkannya usai seminar Refleksi 15 Tahun Reformasi, Selasa (21/5/2013), yang diselenggarakan lembaganya di Hotel Santika, dalam rangka peringatan HUT ke-14 tahun Gemawan.

Menurut Laili, wilayah Kalimantan terkenal dengan isu SDA, oleh karena itu yang harus didorong proteksinya. “Karena kondisi kepemilikan SDA di Kalimantan saat ini sudah timpang, antara pemilik modal dan masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, jika hal itu dibiarkan akan sama dengan yang terjadi di Provinsi Jawa Barat, dimana masyarakat sudah tidak memiliki lahan. Oleh karenanya tenaga kerja wanita banyak yang berasal dari Jawa Barat karena kondisi masyarakatnya sudah miskin. “Ditempat kita lahan luas tapi terkesan diobral, dijadikan ajang bisnis,” tuturnya.

Tidak dipikirkan pertumbuhan penduduk, kemudian ke depan orang-orang akan kerja di ladang dan pertanian, lanjutnya. “Jadi kembali lagi yang dibutuhkan adalah lahan,” tegasnya.

Terkait HUT Gemawan kali ini, Laili mengungkapkan, Gemawan melakukan refleksi. “Kita tetap konsolidasi basis lalu kita sampaikan ke narasumber, kemudian hari terakhir kami akan hearing ke DPRD untuk menyampaikan apa yang kita bahas di sini,” paparnya.

Untuk itu pihaknya mengundang basis masyarakat yang selama ini bekerja sama dengan Gemawan, seperti petani, nelayan, kaum perempuan. “LSM/NGO, mahasiswa juga kita undang. Bahkan kita juga mengundang beberapa Pemkab di Kalbar tempat kami bekerja,” kata Laili.

Perayaan HUT Gemawan direncanakan berlangsung selama tiga hari, dan akan menghadirkan anggota KPK Busyro Muqodas dan Sekjen Transparansi Internasional Indonesia, Natalia Subagyo, pada 22 Mei 2013 besok. (mwd/rfi)

Selasa, 21 May 2013

Sumber ; http://www.beritanda.com/nusantara/kalimantan/kalimantan-barat/13639-gemawan-perjuangkan-perhutanan-sosial.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gambar CAPTCHA

*

%d blogger menyukai ini: