Workshop dan Pelatihan Strategi dan Rencana Usaha

Gemawannews-Pengelolaan usaha merupakan ‘modal’ keberlanjutan usaha yang dijalankan, terutama bagi orang yang bergelut di dunia usaha. Sebagian besar anggota kelompok perempuan dampingan Lembaga Gemawan memiliki usaha kecil mikro yang sifatnya pribadi atau kelompok, yang pertama-tama dibentuk atas dasar memenuhi kebutuhan rumah tangga dan menambah pendapatan keluarga. Peningkatan kapasitas bagi perempuan usaha kecil mikro ini perlu dilakukan secara intensif untuk membuka ruang yang lebih luas, baik akses pasar atau akses program pemerintah.

Sebagai salah satu bentuk peningkatan kapasitas, Lembaga Gemawan mengadakan workshop dan pelatihan strategi dan rencana usaha di kantor Credit Union sari Intugin (CUSI) TP Sambas pada tanggal 28 – 29 Maret 2013 dengan melibatkan pengurus SERUMPUN dan kelompok dampingan yang mempunyai usaha.

Selain untuk peningkatan kapasitas, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan kemandirian ekonomi perempuan, dan menciptakan perluasan usaha untuk kesinambungan dengan kondisi  dimasa depan.

Kegiatan ini sangat berguna membangun cara pikir perempuan usaha kecil mikro dalam mengelola usaha yang mereka geluti. Materi umum yang diberikan di sesi pertama kegiatan  berkaitan dengan rencana usaha, ide bisnis, rencana pemasaran, permodalan, bentuk badan usaha, dan penghitungan biaya. Dari materi yang diberikan, kemudian peserta melakukan praktek langsung terkait dengan produksi pemasaran, pembukuan, serta praktek negosiasi. Selain itu, peserta juga membuat pembukuan, dan menentukan strategi pemasaran untuk pengelolaan usaha mereka. Harapannya, setelah mengikuti kegiatan ini peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh. (CS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gambar CAPTCHA

*

%d blogger menyukai ini: