Komunitas Sekolah di Sambas Ikuti Pelatihan Jurnalis Warga

KALBAR SATU – Komunitas Sekolah (KS) di kabupaten Sambas mengikuti Pelatihan jurnalis warga bertempat di Hotel Pantura Jaya Sambas, yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 2 sampai 3 Desember 2019.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh YAPPIKA Action-Aid bersama mitra Lokal lembaga Gemawan.

Peserta pelatihan jurnalis warga ini terdiri dari 10 (sepuluh) komunitas sekolah mitra dampingan, setiap komunitas sekolah mengutus 2 peseta dengan total 20 peserta.

Distric Coordinator (DC) Lembaga Gemawan Sambas Nurfauzah, dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan perlunya jurnalis warga untuk pemanfaatan media.

“Kegiatan pelatihan jurnalis warga bertujuan peningkatan kapasitas mitra dan komunitas sekolah dalam keterampilan membuat artikel, reportase, berita tulisan jurnalis, pembuatan video menggunakan smartphone, dan pemanfaatan media sosial,” katanya.

Senada yang disampaikan Hardijan (CMO- YAPPIKA Action-Aid) fasilitator pelatihan jurnalis warga memberikan pembekalan tentang pemahaman jurnalisme warga, penulisan artikel (Story). “Dalam sebuah berita sebagai penguat fakta bisa disertai foto-foto yang dapat menggugah perasaan dan emosi pembaca,” ujar fasilitator itu.

Salah satu dari peserta pelatiahan Didit (KS) mengungkapkan, “Kami merasa senang dan bahagia dengan diselenggarakan pelatihan jurnalis warga karena dengan mengikuti pelatihan ini kami jadi mendapatkan ilmu-ilmu jurnalistik”.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

%d bloggers like this: