Mengawal Agenda Restorasi Melalui Lokakarya Perencanaan Desa

Tidak kurang dari 70 orang peserta yang hadir dalam kegiatan lokakarya perencanaan desa I di desa Mas Bangun, mulai dari Dinamisator BRG Provinsi Kalimantan Barat, perwakilan dari lembaga Gemawan, perwakilan dari dinas SP3APMD kab. Kayong Utara, jajaran pemerintahan desa MasBangun, BPD, tokoh masyarakat, kelompok masyarakat (PKK, karang taruna, kelompok perempuan, kelompok tani), Babinkamtibmas, Tenaga Penghubung BRG Kalbar, seluruh fasdes tim lanscape kecamatan Teluk Batang, Selasa (24/7/2018) duduk bersama membahas agenda restorasi yang nantinya akan direncanakan dituangkan dalam perencanaan desa yang kemudian melalui RKPDes kemudian APBdesa TA 2019 mendatang.

Meskipun udara sore hari itu bisa dikatakan cukup panas, namun tidak mengurangi semangat dan antusias para peserta yang hadir. Berbagai materi yang disajikan oleh narasumber yang hadir diantaranya; pemaparan materi dari Dinamisator BRG provinsi Kalimantan Barat, Hermawansyah, mengenai perlindungan dan pemanfaatan ekosistem berbasis komunitas, kemudian dilanjutkan pemaparan materi dari perwakilan dinas SP3APMD bidang PMD mengenai prioritas dan arah kebijakan pembangunan desa dan kawasan perdesaan yang disampaikan oleh bapak Irwan, dan yang terakhir penyampaian materi mengenai urgensi partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa dan restorasi gambut oleh M. Isa dari lembaga Gemawan, semuanya disimak dengan baik dan penuh antusias dari semua peserta.

Keterlibatan masyarakat dan dukungan dari pemerintahan desa seperti ini merupakan modal yang sangat penting dalam mengawal agenda restorasi khususnya di setiap desa dampingan yang menjadi target restorasi di Indonesia.

About Author: Rahma wati