Gemawan Sasar Lima Desa di Sambas untuk Program Sekolah Perempuan Desa

Penyerahan Sertifikat Sekolah Perempaun Desa Gemaawan

Direktur Gemawan, Laili Khairnur mengungkapkan lima desa di Kabupaten Sambas, menjadi sasaran program Sekolah Perempuan Desa dari lembaga Gemawan, sehingga para kaum hawa memiliki keberanian bersuara untuk memperjuangkan nasibnya dalam rangka pembangunan di tingkat desa.

Dikemukakan lembaga yang ia pimpin memiliki program dalam rangka pemberdayaan desa, khususnya untuk kaum perempuan. Diantaranya Sekolah Perempuan Desa, yang kegiatannya sudah berlangsung empat bulan.

“Sekarang, peserta Sekolah Perempuan Desa telah menerima sertifikat, yang menandakan mereka sudah melewati fase pertama dalam program ini,” kata Laili Khairnur, Jumat (23/12) di Sambas.

Di Sambas, sebutnya untuk angkatan pertama ada lima desa yang telah melaksanakan Program Sekolah Perempuan Desa, meliputi Desa Penakalan, Sekuduk, Sulung di Kecamatan Sejangkung, kemudian Desa Lumbang dan Desa Sebayan di Kecamatan Sambas.

“Dari lima desa ini terdapat 40 kaum ibu-ibu dan remaja perempuan menjadi pesertanya, atau sekitar delapan orang per desa,” katanya.

Sekolah Perempuan Desa, jelas Laily dilaksanakan di Balai Desa masing-masing desa, dengan dua kali dalam satu minggu bertatap muka.

“Sementara untuk materi yang disampaikan, ada delapan materi yang disampaikan pemateri dari Gemawan di setiap desa,” jelasnya.

Disampaikan juga, melalui Sekolah Perempuan Desa diharapkan bisa membangun partisipasi perempuan di tingkat Desa.

“Kita tidak mau, pihak desa hanya fokus tentang dana desanya, tapi seakan-akan melupakan program pembedaryaan masyarakat. Karena sesuai dengan UU Desa, kegiatan melalui dana desa bisa menjawab krisis demokrasi di desa, kemudian krisis pembangunan di desa yang selama ini kita menganggap desa paling terakhir, padahal rakyat itu ada di desa,” katanya.

Kemudian menjawab krisis kesejahteraan lanjut Laily, karena pembangunan yang tak kunjung dilakukan di desa, membuat tingkat kesejahteraan minim.

Gemawan katanya menginginkan, melalui program ini perempuan di tingkat desa, berani menyuarakan, memberikan ide masukan, dalam rangka mendukung pembangunan di desa serta memperjuangkan nasib para perempuan di tingkat desa.

Sumber: http://thetanjungpuratimes.com/2016/12/23/gemawan-sasar-lima-desa-di-sambas-untuk-program-sekolah-perempuan-desa/

About Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>