Gemawan Tampilkan Produk Dampingan Kelompok Perempuan

PEKAN BUDAYA DAN PAMERAN PEMBANGUNAN

Gemawan Tampilkan Produk Dampingan Kelompok Perempuan

Sambas (Gemawannews)-Dalam rangka Pekan Budaya dan Pameran Pembangunan Hari Jadi Kota Sambas yang ke-381, Lembaga Gemawan melalui Divisi Perempuan turut serta berperan mengikuti stand pameran dengan menampilkan berbagai hasil produk dari kelompok perempuan, hal ini di ungkapkan Siti Rahmawati Divisi Perempuan Lembaga Gemawan, Kamis (12/07/12).

“Berbagai jenis kerajinan dipamerkan, diantaranya dompet, tas, sarung, selain daripada itu juga ditampilkan produk makanan olahan dimana produk-produk tersebut merupakan hasil kreasi dari kelompok ibu-ibu dampingan,” katanya.

Kerajinan tangan yang ditampilkan tentunya sebagai salah satu upaya melestarikan khazanah budaya lokal, dimana Sambas sangat terkenal dengan kerajinan tenunnya. “Masyarakat Sambas punya potensi yang cukup, hanya saja potensi yang ada belum semua dikelola dengan baik. Padahal, potensi lokal punya nilai ekonomis,” kata Wati.

Dia meminta agar potensi lokal yang ada perlu dikembangkan dan disupport semua pihak karena merupakan nilai ekonomi bagi masyarakat.

“Hasil produk lokal berupa produk tenunan khas masyarakat sambas merupakan salah satu potensi unggulan daerah. Karena itu, perlu diberdayakan. Sehingga, ada nilai tambah bagi ekonomi masyarakat untuk bisa menghidupi keluarganya,’’ ujar Aktivis Perempuan ini.

Lebih lanjut dia menambahkan, selain mengikuti pameran untuk mempromosikan hasil produk dampingan, tak kalah penting juga mengenalkan keberadaan Serikat Perempuan Pantai Utara (SERUMPUN) di kota sambas.

Keberadaan Serikat Perempuan Pantai Utara (SERUMPUN) sudah menginjak usia yang ke 3 tahun.

“Walaupun SERUMPUN usianya yang masih dibilang muda, dengan ini pula kita ingin menunjukkan bahwa keberadaan SERUMPUN eksis di tengah-tengah masyarakat dalam turut berpartisipasi,” terang Wati.

Pekan Budaya dan Pameran Pembangunan sebelumnya dibuka secara langsung Bupati Sambas dr. Hj. Juliarti Djuhardi Alwi MPh, pada Senin lalu. Adapun kegiatan tersebut diselenggarakan mulai tanggal 9 – 15 Juli 2012, diisi dengan berbagai macam acara hiburan serta di ikuti oleh ratusan stand pameran.  (Joy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gambar CAPTCHA

*

%d blogger menyukai ini: