Konsolidasi SERUMPUN untuk perjuangan hak perempuan di Sambas dan Singkawang

Serumpun (Serikat Perempuan Pantai Utara) adalah organisasi yang diharapkan menjadi organisasi yang lebih besar dari kelompok perempuan yang dapat menyuarakan dan memperjuangkan permasalahan-permasalahan perempuan dan kepentingan perempuan di berbagai aspek kehidupan seperti sosial, politik, ekonomi, hukum dan budaya.

Tidak terasa SERUMPUN  sudah berumur 2 tahun dan tentu perlu adanya evaluasi dan konsolidasi pengurus serumpun dan koordinator kelompok perempuan yang ada di Sambas dan Singkawang dalam rangka untuk membawa SERUMPUN  menjadi organisasi perempuan basis yang kuat dan diharapkan dapat mandiri. SERUMPUN sebagai Serikat perempuan juga dapat berjalan sebagaimana mestinya sebuah organisasi. Evaluasi dan konsolidasi pengurus serumpun ini sangat penting dilakukan dalam menunjang berjalannya SERUMPUN dalam menjalankan Visi dan Misi serta Program  kerja yang sudah diprogramkan dan membuat rencana kerja baru untuk tahun 2011-2012.  Dengan semangat untuk memperkuat Organisasi SERUMPUN, konsolidasi pengurus perlu diadakan untuk memberikan semangat bagi pengurus untuk memperjuangkan hak – hak perempuan, kegiatan ini diharapkan  dapat berkontribusi pada  proses  memperkuat  keberadaan dan kebersinambungan SERUMPUN dalam memperjuangkan hak-hak anggotanya.

Proses menjadi organisasi SERUMPUN yang  tangguh yang bisa memperjuangkan kepentingan perempuan menuju keadilan gender dan perdamaian bukanlah hal yang mudah, semuanya membutuhkan perjuangan yang panjang dan semangat yang tinggi serta pantang menyerah. Sebagai salah satu pihak yang mendukung organisasi SERUMPUN ini Lembaga Gemawan berusaha tetap melakukan asistensi dan berbagi pengalaman  untuk melakukan evaluasi dan konsolidasi Pengurus SERUMPUN dan Koordinator kelompok perempuan. Kegiatan ini di lakukan pada tanggal 29 Juli 2011 lalu. Kegiatan ini intinya mencatat perkembangan pekerjaan apa saja yang sudah dilaksanakan dan bagaimana hasilnya serta bagian mana yang harus diperkuat. Berdasarkan hasil pertemuan kemarin disepakati bahwa kedepan anggota kelompok SERUMPUN harus bertambah dan menjadi 1000 orang meskipun sudah ada penambahan dari tahun sebelumnya namun usaha ini harus terus digiatkan, selain ini organisasi ini harus mulai melakukan peningkatan level kerja-kerja advokasi mereka, selama ini masih di level desa dan kecamatan makan kedepan harus sudah mampu menaikkannya pada level kabupaten bahkan provinsi. Saat ini pengurus SERUMPUN sedang mengusahakan kebijakan agar ibu-ibu yang melahirkan di rumah khususnya mereka yang berada di lokasi terpencil mendapatkan jaminan persalinan gratis. Sedangkan kebijakan yang ada hanya apabila melahirkan di puskesmas dan rumah sakit saja yang gratis, padahal untuk ke rumah sakit maupun ke puskesmas mereka masih memerlukan biaya yang besar untuk transportasi, sehinggaibu-ibu yang melahirkan di rumah tidak lagi menanggung biaya transportasi petugas kesehatan tapi sudah masuk dalam support asuransi.

Selain itu ibu-ibu SERUMPUN sedang merencanakan untuk mendatangi DPRD dan Pemerintah Kabupaten Sambas dan Kota Singkawang untuk mempertanyakan kebijakan gender budget dan kebijakan yang pro perempuan lainnya  yang direalisasikan oleh para pengambil kebijakan ini. Sebagai bagian upaya mereka memastikan bahwa negara menjalankan kewajiban mereka kepada rakyatnya.
Tiada kata lain untuk SERUMPUN, terus bergerak dan sebarkan virus pemberdayaan kritis anda untuk perempuan lainnya!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gambar CAPTCHA

*

PAGE TOP