Petani Sedahan Jaya di bekali Pelatihan Pencegahan dan Penanganan Hama Pada Tanaman Padi

Jpeg

(Gemawan-News) – Lembaga Gemawan terus melakukan upaya membantu peningkatan SDM para petani, salah satu hal yang dilakukan dengan memberikan pembekalan pelatihan pencegahan dan penanganan hama pada tanaman padi. Pelatihan itu diikuti oleh kelompok tani (poktan), pemdes, dan BPD, bertempat di balai desa Sedahan jaya, belum lama ini.
Dr. Tris Haris Ramadhan narasumber yang di datangkan oleh Gemawan menyampaikan bahwa beberapa prinsip-prisnip pengelolaan hama terpadu (PHT) yakni budidaya tanaman sehat, pelestarian dan pemanfaatan musuh alami serta pengamatan maupun pengamatan secara berkala.
“pencegahan hama harus di mulai dari sejak awal, mulai dari semai padi petani harus sudah rutin melakukan pemantauan pertumbuhan semai tersebut sehingga bibit semai yang dihasilkan sehat pertumbuhannya dan tidak mudah diserang penyakit,’’ ucapnya.
Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa identifikasi hama dan patogen merupakan salah satu faktor penentu dalam keberhasilan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman padi.
Karena ketidaktahuan petani seringkali petani menyemprot tanaman dengan insektisida padahal tanaman tersebut tidak terserang serangga hama, tetapi terserang oleh cendawan yang seharusnya disemprot dengan fungisida.
“Pengenalan jenis-jenis hama dan patogen merupakan langkah penting yang dapat membantu dalam menentukan strategi pencegahannya,’’ kata Dosen Pengajar Fakultas Pertanian Untan ini.
Sementara itu Naza Nadira Kades Sedahan Jaya dalam kesempatan tersebut menyambut baik pelatihan yang diberikan kepada warganya.
Kendala dan permasalahan pertanian padi sangat kompleks sekali salahsatunya hama, dan tentunya kami semangat sekali apabila ada pelatihan-pelatihan tentang hama.
Hama menjadi musuh utama bagi petani, begitu hilang muncul lagi yang lain, apakah ini faktor alam, atau faktor tanah, maupun zat kimia yang terlalu berlebihan digunakan petani.
“Dengan adanya kegiatan ini semakin menambah wawasan kami dalam melakukan pencegahan hama yang menyerang tanaman padi, paling tidak bisa dicegah atau di kurangi,”harapnya.

Di tempat yang sama Mursyid Hidayat Program Manager Kedaulatan Pangan Gemawan, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kerja-kerja gemawan dalam melakukan pendampingan kepada masyarakat.
Ia berharap dari pertemuan ini kawan-kawan kelompok tani mendapatkan suntikan semangat dari apa yang telah di paparkan narasumber tadi. Dimana kualitas produksi yang baik tentunya tidak lepas dari peran petani itu sendiri dalam merawat dan mengenali unsur hama pada tanaman padinya.
“Kami ingin agar peserta memahami cara mencegah maupun menangani hama pada tanaman padi. Sehingga dengan mengetahui cara pemberantasan hama, maka diharapkan hasil produksi tanaman padi semakin meningkat dan memiliki kualitas yang sangat baik,”pungkas Bung Dayat. (Joy-Gemawan)

About Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>