Pelatihan Relawan Suluh Tani Petani Karet

Sambas, Gemawan – Gemawan dan Serikat Tani Serumpun Damai (STSD) melakukan pelatihan Relawan Suluh Tani di Desa Piantus, Kabupaten Sambas (23-25/2). Pelatihan ini diikuti 40 petani dari beberapa kecamatan di Kabupaten Sambas.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan langsung dalam perawatan kebun karet yang berbasiskan lingkungan pada para petani karet. Materi yang akan diberikan dalam pelatihan ini antara lain pencegahan dan pengobatan hama jamur akar, pembuatan pupuk organik, dan pembuatan pestisida alam.

Menurut fasilitator kegiatan Agus Sutomo, yang biasa disapa Bung Tomo, banyak petani karet yang tidak memahami perawatan kebun karet hingga berpengaruh kepada produktivitas.

“Selain pengobatan jamur akar pada pohon karet, kita juga mendorong perkebunan petani berbasiskan kepada perkebunan yang ramah lingkungan, hingga tercipta perkebunan yang berkelanjutan dengan hasil yang maksimal” jelasnya.

Selama tiga hari petani akan dilatih secara teori dan praktek langsung lapangan. Relawan suluh tani ini nantinya diharapkan membagi keahlian yang didapatkan kepada petani diwilayah asal mereka.

“Pelatihan ini merupakan tahap awal, nantinya akan banyak pelatihan-pelatihan dalam peningkatan produktivitas petani karet di Sambas” tutup Bung Tomo. (zun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gambar CAPTCHA

*

%d blogger menyukai ini: