KEMANDIRIAN MASYARAKAT NANGA NGERI DALAM MEMBUAT PUPUK ORGANIK

Kapuas Hulu – Gemawan menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik selama dua hari mulai dari tanggal 16 s/d 17 jauari 2015 di dusun kepala gurung dan dusun mekar jaya tepatnya di desa Nanga Ngeri Kecamatan Silat Hulu kabupaten Kapuas Hulu. Kegiatan ini melibatkan kelompok tani yang menjadi dampingan lembaga gemawan khususnya melalui program TFCA yang sudah berjalan selama 6 bulan teakhir ini.
Kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat desa Nanga Ngeri, Dangkan Kota, dan Lebak Najah memiliki kemandirian dan keterampilan dalam meningkatkan hasil pertaniannya. Pupuk organik/biofertilizer itu sendiri memiliki manfaat untuk mengembalikan kesuburan tanah dan mampu juga memberikan kesuburan pada tanaman-tanaman lain yang ada di sekitarnya. Masyarakat sangat antusias dan merasa terbantu dengan adanya pelatihan seperti ini, mengingat harga pupuk yang terjual dipasar sangat mahal dan susah mendapatkannya, apalagi proses pembuatan pupuk organik ini sangat mudah, sederhana, dan biayanya yang sangat minim, sehingga semua masyarakat dapat dengan mudah untuk membuatnya.
Kepala Desa Nanga Ngeri Ahmad Dait berharap kedepan masih banyak lagi kegiatan yang akan dilakukan oleh Lembaga Gemawan sehingga dapat menunjang dalam meningkatkan hasil pertanian warganya, selain itu kegiatan pembuatan pupuk organik ini diharapkan menjadi contoh kelompok tani pertama di Kecamatan Silat Hulu Kabupaten Kapuas Hulu yang berhasil dalam mengembangkan pertanian dan mampu menjadi masyarakat yang mandiri./Aloy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gambar CAPTCHA

*

%d blogger menyukai ini: