Pemenangan Caleg Perempuan Pemilu 2014

Gemawan- Puskapol Fisip UI Gelar Kursus Strategis

SAMBAS–Lembaga Gemawan bekerjasama dengan Pusat Kajian Politik Departemen Ilmu Politik Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (Puskapol FISIP UI) menyelenggarakan sebuah program bertajuk “Kursus Strategis pemenangan Caleg Perempuan pada Pemilu 2014”. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi proses pembelajaran dan dialog para caleg perempuan DPRD untuk mempersiapkan secara lebih matang dalam menghadapi pemilu misalkan dalam memahami peta persaingan, menyiapkan kampanye dan mengamankan suara.

“Para caleg perempuan ini dibekali penguatan idiologi dan peningkatan kemampuan teknis para caleg perempuan agar dapat bersaing meraih kursi wakil rakyat di pemilu 2014 mendatang,” ungkap Yolanda Pandjaitan yang merupakan fasilitator utama dari Puskapol FISIP UI kepada Koran ini kemarin.Selain Yolanda ada juga fasilitator pendukung, seperti Muslimah, Fariz Penghegar dan Reni Hajizie, didampingi Mursyid Hidayat pogram manager Peningkatan Partisipasi Politik Perempuan Gemawan.
Menurut Yolanda kegiatan ini dibagi dalam enam sesi. Dimana enam sesi ini merupakan kombinasi dari materi terkait pengetahuan dan keterampilan teknis. “Selain memberikan kemampuan teknis, kita ingin para caleg sadar bahwa majunya mereka sebagai calon wakil rakyat demi memajukan kepentingan perempuan,” jelasnya.Makanya diharapkan dengan kursus ini, para caleg perempuan harus bisa meraih jatah kursi pada alokasi kursi masing-masing dapil. Dengan semakin banyak caleg perempuan ini “menang” dan duduk sebagai wakil rakyat diharapkan bisa mempengaruhi kebijakan legislatif untuk membela dan melindungi nasib kaum hawa di semua jenjang, baik tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota.
Makanya dalam kegiatan ini, para caleg dibekali terkait materi politik dan perempuan, makna keterwakilan politik bagi perempuan, sistem pemilu 2014, hitungan target suara di dapil, menyiapkan kampanye dan mengamankan suara caleg perempuan.Selain itu, dengan kursus ini diharapkan juga keterwakilan perempuan di legialatif meningkat dibandingkan hasil pemilu sebelumnya, dimana jumlah perempuan yang ada di legislatif mulai pusat hingga kabupaten/kota relatif sedikit. Targetnya kedepan 2014, jumlah wakil rakyat dari perempuan harus meningkat. (har)

Sumber : http://www.pontianakpost.com/pro-kalbar/sambas/11861-pemenangan-caleg-perempuan-pemilu-2014.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gambar CAPTCHA

*

%d blogger menyukai ini: