Gemawan Ajak Masyarakat Berperan Dalam Pengawasan Pembangunan

Sukadana (Gemawannews) – Keberhasilan pelaksanaan pembangunan masyarakat sangat bergantung kepada peranan pemerintah dan masyarakatnya. Keduanya harus mampu menciptakan sinegri. Tanpa melibatkan masyarakat, pemerintah tidak akan dapat mencapai hasil pembangunan secara optimal, demikian disampaikan Direktur Lembaga Gemawan, Laili Khairnur dalam sambutannya Workshop Peran Serta Masyarakat dalam Pengawasan Pembangunan di Kabupaten Kayong Utara, (23/10) di Gedung Pertemuan Hotel Anugrah, Sukadana.

Selain memerlukan keterlibatan masyarakat, pembangunan juga membutuhkan strategi yang tepat agar dapat lebih efisien dari segi pembiayaan dan efektif dari segi hasil. “Pemilihan strategi pembangunan ini penting karena akan menentukan dimana peran pemerintah dan dimana peran masyarakat, sehingga kedua pihak mampu berperan secara optimal dan sinergis,’’ katanya.

Disampaikannya lebih lanjut, rakyat harus menjadi pelaku dalam pembangunan, masyarakat perlu dibina dan dipersiapkan untuk dapat merumuskan sendiri permasalahan yang dihadapi, merencanakan langkah-langkah yang diperlukan, melaksanakan rencana yang telah diprogramkan, menikmati produk yang dihasilkan dan melestarikan program yang telah dirumuskan dan dilaksanakan.

“Dengan cara ini pemerintah makin mampu menyerap aspirasi masyarakat banyak, sehingga pembangunan yang dilaksanakan dapat memberdayakan dan memenuhi kebutuhan rakyat banyak,’’ papar Laili.

Direktur berharap dengan dilakukannya wokhsop ini semakin mendorong keterlibatan masyarakat dalam pembangunan, baik itu pada perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya, pintanya.

Dengan workshop ini tentunya semakin menambah wawasan kami dalam berpartisipasi untuk pembangunan, apa lagi Kabupaten Kayong Utara merupakan kabupaten baru yang sedang berbenah, ujar Musmardi Kadus Selatan Jaya II Desa Dusun Besar.

Senada disampaikan Ngadiman perwakilan warga dari Kecamatan Seponti mengatakan dari workhsop ini banyak hal dan informasi yang kami dapatkan. Awalnya kami tidak mengerti seperti apa pengawasan yang melibatkan masyarakat, tapi sekarang justru kami sudah mulai sedikit paham.

‘’Kegiatan-kegiatan seperti ini kami harapkan terus di lakukan, apa lagi kami masyarakat awam yang memang minim wawasan,’’ pungkasnya. (Joy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gambar CAPTCHA

*

%d blogger menyukai ini: